IPA

Rabu, 25 Januari 2017

Laporan Praktikum Tekanan Air pada Kantong Plastik (Hukum Pascal)

Laporan Praktikum Tekanan Air pada Kantong Plastik (Hukum Pascal)


Laporan Praktikum Tekanan Air pada Kantong Plastik

Nama: Gifara Dzikry MH
Kelas : 8G
No absen : 13

Bahan dan alat:
1.  Kantong plastik ukuran 1 kg
2.  Jarum pentul/peniti
3.  Karet gelang


Proses Praktikum:
1.  Isilah kantong plastik dengan air hingga ¾ bagian.
2.  Ikatlah mulut kantong plastik dengan menggunakan karet gelang.
3.  Tusuklah kantong plastik tersebut dengan menggunakan jarum pentul/peniti.Berikan 5-7 tusukan pada kantong plastik. Lakukan dengan hati-hati agar jarum pentul/peniti tidak mengenai tanganmu. Setelah menggunakan jarum pentul simpanlah di tempat yang aman agar tidak mengenai bagian tubuhmu atau bagian tubuh temanmu.
4.  Tekanlah kantong plastik tersebut dengan menggunakan tanganmu hingga air di dalam
kantong memancar keluar.

Menjawab pertanyaan:
1. Setelah diberikan tekanan dengan menggunakan tanganb, air pada kantong plastik akan memancar keluar. Apakah yang menyebabkan air tersebut memancar? Yang menyebabkan air memancar keluar adalah karena adanya tekanan yang diberikan akan membuat air yang tertekan membuat air yang berada didekat tusukan memancar keluar
2. Bagaimanakah arah pancaran air yang keluar dari kantong plastik tersebut? Arah pancaran air yang keluar dari kantong plastik adalah ke atas
3. Bagaimanakah besarnya pancaran air yang keluar dari kantong plastik tersebut? Besarnya pancaran air dipengaruhi oleh tekanan. Semakin ditekan pancaran air semakin besar. Semakin dilepaskan pancaran air semakin kecil.

Kesimpulan:
Tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar. Maka air yang berada didekat tusukan akan memancar keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar