IPA

Senin, 06 Februari 2017

Hubungan latihan fisik dengan kesehatan

Latihan fisik secara teratur baik untuk kesehatan 

BAGIAN 1

PERTANYAAN 1: Latihan fisik

Apakah ada keuntungan dari latihan fisik secara teratur?



1. Latihan fisik membantu mencegah penyakit jantung                                   YA/TIDAK
2. Latihan fifik mengarah ke pola makan yang sehat                                       YA/TIDAK
3. Latihan fisik dapat membantu untuk mengurangi kelebihan berat badan     YA/TIDAK

PERTANYAAN 2

Apa yang terjadi pada otot ketika dilakukan latihan fisik?

1. Otot mendapat peningkatan aliran darah?   YA/TIDAK
2. Lemak terbentuk pada otot?                        YA/TIDAK
3. Mengapa kamu bernapas lebih berat ketika kamu melakukan latihan fisik di banding ketika tubuh           kamu sedang berisirahat?  Karena pada saat latihan fisik,jantung akah berdegup lebih kencang dari         biasanya.


BAGIAN 2

HUBUNGAN LATIHAN FISIK DENGAN KESEHATAN

pernahkah kamu mendengar adanya penderita sakit ginjal dan mengalami cuci darah?

1. Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal

Kondisi atau penyakit tertentu yang memberi tekanan pada ginjal menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ginjal. Tekanan berlebih yang dialirkan jantung melalui pembuluh darah besar maupun kecil dapat merusak organ tubuh, termasuk ginjal. Penyakit ginjal terutama disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes.

http://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis/penyebab?gclid=Cj0KEQiA2uDEBRDxurOO77Cp-7kBEiQAOUgKVwyEp51tDKOtA8LkuSfr_c8gdIAVVFbI6We5ZJ48n1kaAkAI8P8HAQ

2. Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah?

Penyaringan darah adalah tugas ginjal. Pada penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, fungsi ginjal ini tidak dapat dilakukan secara optimal.
Karena ginjal gagal untuk melakukan pembersihan, terjadilah penumpukan limbah dan cairan pada darah. Kondisi ini berisiko membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang kehilangan fungsi ginjalnya antara 85-90 persen wajib melakukan cuci darah agar terhindar dari beragam komplikasi yang fatal.
Tentu saja dibutuhkan penilaian dari dokter dan serangkaian tes medis untuk menentukan mengenai wajib atau tidaknya seseorang melakukan cuci darah. Level kreatinin dan ureum pada darah adalah dua hal yang akan dijadikan tolok ukur keputusan dokter. Demikian juga pemeriksaan urine.  “Creatinine clearance” pada urine sebagai tolak ukur untuk memeriksa kecepatan ginjal menyaring darah. Normalnya  adalah 90-110 militer per menit. Jika kecepatan proses pembersihan kreatinin menurun sekitar 10-12cc/menit, maka orang tersebut wajib menjalani dialisis atau cuci darah.
Meski begitu, ada indikator lain yang mewajibkan pasien melakukan cuci darah meski Creatinine Clearance masih di atas angka minimal. Indikator tersebut adalah kemampuan tubuh pasien dalam mengatasi masalah kelebihan air, keluhan seputar jantung, pernapasan, perut, atau kebas di kaki.
http://www.alodokter.com/cuci-darah-untuk-mengatasi-gagal-ginjal
3. Bagaimana proses hemodialisis?


proses cuci darah atau hemodialisa
Proses cuci darah (@Niddk)
Untuk menjalani hemodialisis, pembuluh darah pasien dihubungkan ke tabung filter (dialyzer). Secara perlahan darah pasien dipompa keluar dari dalam tubuh dan masuk ke dalam dialyzer, dimana semua racun dan kelebihan cairan dibuang.
Darah yang sudah dibersihkan kemudian masuk kedalam sebuah tabung untuk dipompa masuk kembali kedalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Baca juga : bahaya kesehatan memasak dengan teflon.
Sebelum perawatan dimulai, dokter akan membuat sebuah situs di mana darah bisa mengalir masuk dan keluar dari tubuh pasien selama sesi dialisis. Ini disebut akses dialisis. Jenis akses dialisis bergantung pada seberapa cepat pasien perlu memulai hemodialisis.
https://bisfren.com/hemodialisa-atau-hemodialysis.html
4. Bagaimana caranya agar kamu tidak sampai mengalami sakit ginjal?
  • Pemeriksaan urin lengkap dan ureum kreatinin pada pasien dengan penyakit kronis seperti kencing manis, hipertensi dan asam urat tinggi serta penyakit aoutoimun seperti penyakit Lupus Eritematosus.
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan secara rutin tanpa petunjuk dokter.
  • Minum yang cukup 8-10 gelas per hari dalam kondisi normal.
  • Tidak menahan buang air kecil dalam waktu lama.
  • Jangan menghiraukan berbagai gangguan yang kemungkinan berhubungan dengan gangguan ginjal dengan segera berobat kedokter.
  • Kenali gangguan kesehatan yang berhubungan dengan ginjal misal buang air kecil sakit, buang air kecil sering, buang air kecil tidak lampias, buang air kecil merah atau seperti cucian daging atau pinggang sakit.
http://ridwanaz.com/kesehatan/cara-mencegah-penyakit-gagal-ginjal-penyebab-gagal-ginjal-menjaga-kesehatan-ginjal/

1 komentar:

  1. Halo Bosku ^^
    Segera Daftarkan ID di www. SmsQQ .com
    Ada 4 Permainan Dalam 1 ID
    Bandar Q,Poker,Domino QQ,Bandar Poker
    www. SmsQQ .com Juga Menyediakan Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal deposit 10rb
    BBM :2AD05265
    WA:+855968010699
    Skype:smsqqcom@gmail.com
    Ditunggu Kehadirannya Bosku

    BalasHapus