IPA

Kamis, 20 Juli 2017

TEKNOLOGI LISTRIK DALAM LINGKUNGAN

Penggunaan Teknologi Listrik di Lingkungan Sekitar

Pengertian energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis atau gerakan elektron dalam konduktor (pengantar listrik) atau ion (positif atau negatif) dalam zat cair atau gas. Energi listrik dinamis dapat diubah menjadi energi lain dengan tiga komponen dasar, sesuai dengan sifat arus listriknya. Sedanghkan menurut wikipedia energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan oleh peralatan listrik.Ada dua jenis arus listrik yaitu arus listrik searah atau biasa di sebut arus DC dan arus listrik bolak balik atau yang biasa di sebut arus AC.
Satuan arus listrik adalah ampere ( A ), tegangan listrik mempunyai satuan volt ( V ) dan daya listrik memiliki satuan watt ( W ).
Sumber energi ini bermacam-macam contohnya air, pembangkit listrik tenaga air merupakan salah satu contoh sumber energi ini yang berasal dari kekuatan air. Contoh lain sumber energi ini adalah nuklir, panas bumi, batubara, matahari, minyak.
Kebanyakan dari pembangkit listrik memiliki bagian utama sebuah generator.
Generator pada pembangkit adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan prinsip kerja medan magnet.
Mesin generator ini dapat diaktifkan dengan menggunakan berbagai jenis sumber energi yang tersedia.

Manfaat Energi Listrik

Manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, kalau kita cermati saat ini hampir semua aktifitas dalam kehidupan melibatkan listrik, mulai dari memasak, belajar, bekerja, dan semua yang kita lakukan tak lepas dari adanya tegangan lstrik. Melihat dari hal tersebut dapat diketahui betapa penting adanya arus listrik dalam hidup ini, dan kita tidak akan dapat lepas dari penggunaan listrik meski hanya sehari.Coba anda bayangkan, kalau seandainya terjadi pemadaman listrik dalam jangka waktu yang lama. Pasti akan banyak rutinitas yang terkendala karena hal tersebut, untuk itu tidak dapat dipungkiri kalau manfaat listrik di kehidupan ini sangat v1tal.
Berikut ini beberapa manfaat atau kegunaan listrik dalam kehidupan kita:
  1. Sebagai penerangan, kita dapat menikmati malam yang indah dengan cahaya lampu yang bersumber dari listrik PLN.
  2. Sebagai sumber energi, dengan adanya listrik maka banyak sekali barang yang dapat dioperasikan dan bekerja, antara lain televisi, kulkas, penanak nasi, setrika, dll.
Dan sangat banyak lagi kegunaan energi listrik yang sangat kita perlukan dalam kehidupan, sehingga listrik sudah merupakan sebuah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi dalam keseharian kita. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau kita memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya guna mencegah kerusakan dan borosnya sumber energi listrik di planet ini.
https://imamahipa.wordpress.com/kelas-ix/karakteristik-listrik/penggunaan-teknologi-listrik-di-lingkungan-sekitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar